Selasa, 23 Oktober 2018 | 18.31 WIB
KiniNEWS>Sport>Sportainment>Tour d`Indonesia 2018 jadi ajang sosialisasi Asian Games-Paragames

Tour d`Indonesia 2018 jadi ajang sosialisasi Asian Games-Paragames

Selasa, 12 Desember 2017 - 11:30 WIB

IMG-193

Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam peluncuran Tour of Indonesia, Senin (11/12) malam FOTO: KiniNews/Kemenpar.

Jakarta, kini.co.id – Kejuaraan balap sepeda internasional Tour d`Indonesia (TdI) 2018 dengan mengambil star di Borobudur dan finish di Bali, pada 25-28 Januari mendatang bakal dijadikan media untuk sosialisasi pelaksanaan Asian Games dan Asian Paragames 2018 Jakarta-Palembang.

Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan dukungan untuk kegiatan tersebut sudah didapatkan.

“Kami berharap kedua kegiatan besar ini bisa bersinergi demi suksesnya pelaksanaan semua kegiatan,” kata Okta saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (12/12).

Secara resmi TdI yang pada peluncurannya di Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin malam (11/12) menggunakan nama Tour of Indonesia ini siap digelar. Terlebih level kegiatan yang masuk kalender UCI ini naik kelas dari 2.2 menjadi 2.1.

Dengan jarak tempuh yang akan dilalui peserta adalah 755 km yang terbagi atas empat etape yaitu Borobudur-Madiun 195 km, Madiun-Prigen 216 km, Probolinggo-Banyuwangi 198 km dan Gilimanuk-Denpasar 163 km. Dengan naiknya level, pesertanya pun wajib dari tim Pro Tour, Pro Continental, Continental dan timnas.

Pria yang akrab dipanggil Okto ini menjelaskan brand dan logo Asian Games dan Asian Paragames 2018 nantinya akan terpampang dalam setiap kegiatan TdI.

Hal ini dilakukan agar hajatan besar bangsa Indonesia di bidang olahraga ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

“Kami akan memberi porsi hampir sama dengan sponsor yang memberikan dukungan TdI yang selama enam tahun terakhir vakum. Saat ini sponsor sudah masuk termasuk dari Kementerian Pariwisata melalui Wonderful Indonesia,” kata pria yang juga Ketua INAPGOC itu dilansir Antara.

Terkait dengan nama kegiatan, Okto mengatakan akan menyurati federasi balap sepeda dunia atau UCI demi kembalinya nama dari Tour of Indonesia menjadi Tour d`Indonesia yang selama ini sudah dikenal masyarakat.

Sesuai dengan rencana, TdI 2018 akan diikuti 25 tim yang delapan di antaranya adalah undangan khusus. Untuk level 2.1 minimal harus ada dua tim Pro Tour, setengahnya tim Pro Continental dan sisanya tim Continental dan timnas. Untuk Continental Indonesia mengirim tiga tim yaitu KFC, CCC dan PGN.

Sosialisasi Asian Paragames 2018 memang gencar dilakukan, tidak hanya melalui TdI yang akan dihelat tahun depan, namun juga melakukan kegiatan latihan termasuk melalui Journalist Games 2017. Pada kegiatan tersebut, INAPGOC mengenalkan logo dan programnya.

Untuk Asian Paragames 2018 menggunakan logo burung elang bondol dan mendapatkan sebutan MoMo yang merupakan singkatan dari motivation (motivasi) dan mobility (mobilitas). Nama ini diberikan sebagai nama Ulung yang sebelumnya sudah dikenalkan ke masyarakat.

“Melalui Journalist Games kami harapan dukungan penyelenggaraan Asian Paragames 2018, juga dari seluruh masyarakat Indonesia. Kita harus tunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah dengan kaum difabel,” tandasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Sport Terkini Lainnya
Lainnya - Senin, 22 Oktober 2018 - 11:23 WIB

IDBR, Indonesia Pertahankan Juara Selama 3 Tahun Berturut-turut

im Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara pada perlombaan perahu naga International Dragon Boat Race (IDBR) 2018 yang diselenggarakan di Sungai ...
UFC - Jumat, 19 Oktober 2018 - 17:05 WIB

Penggemar curiga McGregor tewas dikeroyok rekan Habib

SEORANG penggemar UFC asal Republik Irlandia, David Martin, khawatir Conor McGregor tewas di atas ring oktagon karena diserang sejumlah teman ...
Sportainment - Senin, 15 Oktober 2018 - 16:17 WIB

Tak perlu menggebu-gebu olah raga, sebaiknya andalkan musik

WENDY Suzuki, seorang neuroscientist dari New York University membawakan presentasi di forum konferensi Ted Talk tentang besarnya manfaat olahraga untuk ...
UFC - Jumat, 12 Oktober 2018 - 15:43 WIB

Tak Terima Rekannya Dikeluarkan dari UFC, Begini Reaksi Keras Khabib Nurmagedov

Kericuhan usai Pertarungan Ultimate Fighting Championship (UFC) kelas ringan antara Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor berbuntut panjang. Selain kedua pihak ...
UFC - Jumat, 12 Oktober 2018 - 14:05 WIB

Khabib dan McGregor diberhentikan sementara dari UFC

KOMISI Atletik Negara Nevada (NAC) untuk sementara memberhentikan Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor dari aktivitas Ultimate Fighting Championship (UFC) selama ...
Sportainment - Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:59 WIB

Atlet Palestina terkesan keramahan Indonesia

ATLET Asian Para Gamaes 2018 asal Palestina, Mahmoud Zohud, mengaku terkesan dengan keramahan orang-orang di Indonesia. Mahmoud tidak menyangka bakal ...